Rabu, 14 Agustus 2013

Fun Fact : Cara untuk Meyakinkan Orang Lain









Bila kita ingin meyakinkan sesorang akan sesuatu kita harus meyakinkan mereka melalui apa yang mereka inginkan. Dan Secara biologis otak manusia terbagi menjadi 3 :




 Otak Fisik
Otak kesadaran fisik adalah sebuah otak dominan yang mana sering digunakan manusia pada beberapa saat. Otak fisik ini sendiri terbentuk karena pengalaman kita serta keinginan kita.  Otak fisik seringkali melihat segala sesuatu berdasarkan fisik luar dari sesuatu hal atau benda. Dalam melakukan sebuah keputusan atau menilai sesuatu, kita pertama kali menggunakan otak fisik ini. Hal ini terjadi dikarenakan penampilan fisiklah yang paling awal kita bisa lihat dan dapatkan.
Jika Kita ingin meyakinkan orang melalui otak fisik, kita harus memberikan bukti secara fisik dahulu kepada mereka, baru dia berkata ya.

Contoh :
  • Jika kita menjual sebuah apartment maka perlihatkan bangunan yang indah, view pemandangan yang menarik, dan bentuk dari apartment tersebut yang mewah, dll
  • Jika kita ingin mengajak seseorang untuk membeli buku kita maka buat buku anda memiliki judul yang menarik perhatian mereka, gunakan warna yang EYE caching /  warna yang langsung dapat menarik perhatian mata kita, gunakan cover yang memiliki gambar yang menarik.
  • Jika kita ingin membuat lawan jenis kita merasa jatuh hati kepada kita, maka perbaiki penampilan kita supaya mereka terpesona kepada kita 
  •  Jika anda ingin meyakinkan sebuah lembaga untuk memberikan anda beasiswa, maka perbaiki penampilan anda, buat anda seolah-olah merupakan seorang yang akan menjadi pakar di bidang tersebut, buat diri anda semenawan mungkin dan seintelek mungkin.
  • Dan lain sebagainya.
Otak Logika
Seiring dengan semakin dewasa seseorang maka semakin terbentuklah conscious mind (alam sadar) dari seseorang manusia tersebut. Pada sistem sadar kita posisi otak yang sering kita gunakan adalah otak logika kita. Otak logika adalah otak kritis yang mana kita akan mempertanyakan segala sesuatu secara detail. Dalam hal menentukan pilihan dan menilai sesuatu juga, seseorang yang semakin dewasa biasanya mereka sering menggunakan otak ini daripada kedua otak yang lainnya. 


Jika kita ingin meyakinkan orang secara logika kita berikan alasan yang masuk logika baru dia akan berkata ya. Kita bisa berikan mereka data dan fakta terbaru secara terperinci sehingga dia mengerti dan percaya kepada kita.
Contoh :
  • Jika kita ingin menjual apartment, berikan data dan fakta bahwa ingin adalah apartment yang memiliki lokasi strategis, developernya adalah developer handal yang telah membangun banyak property, data terkini yang menyatakan property di daerah tersebut akan naik valuenya berapa persen pertahunnya, dll
  • Jika anda ingin mengajak orang membeli buku anda maka buat buku anda memiliki data dan fakta yang jelas, seperti contoh ini merupakan buku lanjutan buku best seller sebelumnya, banyak testimony dari orang-orang sukses yang telah membaca buku ini, dll.
  •  Jika anda ingin meyakinkan lawan jenis anda supaya memilih anda daripada yang lain maka anda harus menunjukkan bahwa anda memiliki kehidupan yang menarik, memiliki kehidupan yang mapan, seorang yang setia, seorang yang peyayang, dll
  • Jika anda ingin meyakinkan sebuah lembaga untuk memberikan anda sebuah beasiswa maka tunjukkan prestasi-prestasi yang sudah anda dapatkan, tunjukkan bukti bahwa anda merupakan pelajar yang bisa membuat merka bangga, tunjukkan bukti bahwa banyak pengajar yang merekomendasi anda, dll
  • Dan lain sebagainya.

Otak Emosi
Saat kita lahir di bumi ini, otak yang pertama kali terbentuk adalah otak emosi kita. Pada otak emosi inilah kita biasanya menggunakan perasaan serta rasa nyaman kita. Dalam segala hal biasanya seorang wanita lebih sering menggunakan otan emosi ini daripada seorang pria, hal ini di sebabkan karena seorang wanita merupakan makhluk yang peka akan perasaan mereka. Untuk menentukan pilihan serta menilai segala sesuatu pula kita sering menggunakan perasaan kita serta rasa nyaman kita.

Jika kita ingin meyakinkan mereka secara emosional, maka sentuh emosional, rasa nyaman dan perasaan mereka.
Contoh :
  • Jika kita ingin meyakinkan pembeli untuk membeli apartment kita maka ajak dia merasakan berada diruangan tersebut yang sengat nyaman, ajak dia membayangkan keluarga mereka akan bahagia jika tinggal di dalamnya, ajak dia merasakan kebahagian yang timbul jika memiliki kantor yang ada di tempat tersebut.
  • Untuk anda yang akan menjual buku yang anda tulis dan ingin meyakinkan pembaca untuk membeli buku anda berikutnya, ajak mereka untuk membayangkan betapa pentingnya buku tersebut untuk kehidupan mereka, ajak mereka untuk membayangkan secara detail mengenai fungsi buku tersebut supaya mereka sangat penasaran, ajak mereka membayangkan bila membeli buku anda maka anda akan memberikan bimbingan mengenai buku tersebut sehingga mereka tidak perlu khawatir bila tidak mengerti akan isisnya.
  • Bila anda ingin membuat lawan jenis anda jatuh hati kepada anda maka bangun rasa nyaman antar anda ber dua, bangun hubungan batin antar anda berdua, ajak dia untuk merasa nyaman, aman dan tenang bisa bersama dengan anda, dll.
  • Bila anda ingin meyakinkan lembaga untuk member anda beasiswa, ajak mereka untuuk merasakan betapa ramah dan nyamannya anda, buat mereka merasakan visi dan misi anda, ajak mereka untuk merasakan rasa kesuksessan yang bisa anda berikan setelah belajar di tempat tersebut, dll
  • Dan lain sebagainya

So guys, it’s your choice….
Apakah anda ingin menekan otak yang mana untuk meyakinkan serta mempengaruhi orang lain. Atau anda akan menyentuh ketiga sisi keputusan mereka …

Salam Body Language 

0 komentar:

Posting Komentar